Tidak mudah menjalani hidup sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan, karena kadang-kadang dalam kehidupan ada banyak sekali kejadian yang tidak terprediksi oleh kita, atau kadang-kadang ada kejadian yang sama sekali tidak terpikirkan oleh kita yang kita alami. Untuk mencapai tujuam hidup yang kita inginkan tidaklah mudah, karena kita harus bisa konsisten dengan apa yang sudah kita rencanakan, dan kita harus sudah memikirkan baik dan buruknya dari keinginan kita tersebut. Salah satunya adalah dengan cara merencanakan tujuan hidup yang baik dengan cara mulai merencanakan bagaimana cara kita memanage diri kita sendiri sebelum dan setelah kita sukses nanti.
Kita harus bisa memanage diri kita, tidakhanya setelah sukses, bahkan kita harus sudah bisa memanage diri kita sebelum kita sukses. Karena hal-hal kecil seperti inilah yang bisa membawa kita pada kesuksesan. Jangan meremehkan orang-orang yang dapat memanage dirinya sediri bahkan jika orang terebut belum sukses. Orang yang dikatakan berhasil atau sukses tidak hanya dilihat dari harta benda atau status yang dia miliki, orang juga bisa dikatakan sukses jika dia berhasil memanage dirinya sendiri.
Memanage diri sendiri bukan hal yang mudah, diperlukan konsisten yang tinggi dan juga kedisiplinan. Dan konsisten juga kedisiplinan yang baik adalah datangnya dari diri sendiri, kesadaran diri sendiri. Bukan paksaan orang lain atau tuntutan orang lain. Karena konsisten dan kedisiplinan yang datang dari diri sendiri akan bertahan lebih lama daripada dari hasil paksaan orang lain. Manajemen diri adalah orang yang mampu untuk mengurus diri sendiri, karena jika seseorang dapat memanage diri sendiri pasti orang tersebut akan dapat memimpin.
Naahhh tugas ini itu disuruhnya untuk menceritakan bagaimana saya memanage diri saya jika saya sudah sukses nanti...
Jika saya sudah sukses cara saya memanage diri saya akan saya sesuaikan dengan prioritas, kebutuhan dan waktu yang saya miliki.
Gampangnya itu untuk memanage diri itu kita harus bisa memanfaatkan waktu yang ada. Kita harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, jangan membuang-buang waktu, karena kita sadari atau tidak waktu adalah salah satu hal yang penting, dan waktu adalah hal yang tidak bisa diputar balik, waktu akan terus berjalan maju walaupun kita tidak menginginkannya. Makanya hal kecil tapi penting untuk orang yang ingin dapat memanage dirinya adalahhargai waktu yang ada dan gunakanlah sebijaksana mungkin atau bahasa yang gampangnya manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.
Jika kita sudah bisa memanage waktu hal lain yang perlu kita lakukan adalah memanage keuangan kita, kenapa ? karena kalau kita tidak bisa memanage keuangan kita otomatis kita akan boros dan akan menghamur-hamburkan uang yang ada, kemudian kita bisa menjadi tidak disiplin lagi. Seperti yang tadi sudah saya katakan di atas, orang yang dapat memanage diri sendiri awalnya dia harus bisa konsisten dan disiplin. Disiplin waktu maupun keuangan. Kemudian kita harus bisa menentukan prioritas mana yang penting (yang harus didahulukan) dan mana hal yang dapat ditunda. Ada hal-hal seperti kebutuhan dan keinginan yang perlu kita bedakan. Karena keinginan dan kebutuhan adahal hal yang beda-beda tipis. Contoh dari prioritas utama adalah kebutuhan, dan hal yang dapat kita tunda adalah keinginan. Jika sudah bisa menanfaatkan waktu, memanage keuangan dan menentukan prioritas, juga sudah bisa disiplin dan konsisten yang dapat dilakuakn adalah berdoa. Semoga hati kita dikuatkan dan diberi kemudahan dalam menggapai kesuksesan dan dimudahkan agar kita dapat terus memanage diri kita agar hidup kita bisa menjadi mudah.
sumber gambar :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar