Internet
sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang
akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini
menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya
Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan
aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat
banyak dan terbuka.
Netiquette
aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum
internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai
berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat
berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada
aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai
sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di
dalamnya.
Dalam
kasus tertentu pelanggaran etika dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme
hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun
lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hukum adalah menyangkut
soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating,
Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi
yang dilindungi hukum positif secara internasional.
Secara
umum siapapun yang merasa menjadi bagian dari suatu komunitas di internet wajib
untuk mematuhi kode etik yang berlaku di lingkungan tersebut.
Sebenarnya
netiquette adalah hal yang umum dan biasa, sama halnya dengan aturan‐aturan
biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan
terbuka.
Beberapa
aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan
dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai
dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
Jangan
terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah
data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda
tuju telah dijamin keamanannya.
Dan
yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya
sederhana yaitu,:
a.
jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.
jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet,
misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.
jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi
yang sebenarnya terbatas.
d.
jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan
teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.
jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun
junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
Pada
dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai
dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini,
maka akan sangat bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi
dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami
salah pengertian dengan orang lain.
Aturan
Inti Netiquette :
1.
Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan
pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e‐mail
atau posting adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka. Diharapkan
untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi bersikaplah saling
membangun.
Jangan
pernah mengetik isi pesan dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu
hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e‐mail.
Dengan menulis pesan menggunakan huruf besar semua, sama artinya sedang
berteriak
Jangan
pernah mengirim e‐mail atau mengirim
posting apapun yang tidak layak untuk disampaikan ke orang lain.
Ingatkan
orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau
sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal
negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang
melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang
tersebut sedang melakukan flaming.
2.
Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap
dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru
menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet datang dari berbagai
penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan terhadap sesuatu.
3.
Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette
bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti
aturan yang sama. Jadi, diharapka selalu bersikap terbuka dan jika dibutuhkan,
bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap
sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topik pembicaraan pada forum
atau chating, jangan buru‐buru langsung mengirim
komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang sedang terjadi atau
sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi menyebabkan flaming.
4.
Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Posting
dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group yang sesuai
dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim, yakinkan bahwa Subject
dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga orang lain tahu bahwa posting
tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
Contohnya
kasus pada Netiquette adalah pada saat ada yang memberikan komentarnya di suatu
komunitas dan komentarnya disampaikan secara tidak sopan, kasar, sarkartis,
nyinyir, mendiskreditkan penulis, dan “nggak nyambung”, juga komentar lainnya
yang tidak pantas di tuliskan di suatu komunitas ataupun di jejaring social dan
komentar tersebut tidak sesuai dengan etiket yang ada.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette
http://nurhadiw.files.wordpress.com/2010/08/netiket.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar